Bisakah jika pertama sesar, kehamilan berikutnya normal?

Assalamu’alaikum dokter …

Dok, saya ini punya pengalaman hamil dan plasenta bayi dibawah sehingga dokter menyarankan untuk sesar. Apakah jika pernah ada pengalaman semacam ini untuk kehamilan berikutnya juga akan mengalami hal yang sama? Apa yang menyebabkan plasenta menutupi jalan lahir dan kira-kira berapa lama jarak yang tepat untuk hamil lagi? Bisakah jika pertama sesar untuk kehamilan berikutnya normal? Wassalamualaikum.

Yani – Dharmahusada

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh

Saya jawab pertanyaan dari ibu Yani,

  • Apakah jika pernah ada pengalaman semacam ini untuk kehamilan berikutnya juga akan mengalami hal yang sama?

Tidak selalu, namun seorang wanita yang pernah mengalami kondisi plasenta di bawah (istilah medisnya plasenta previa) pada kehamilan berikutnya memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami lagi kejadian tersebut.

  • Apa yang menyebabkan plasenta menutupi jalan lahir dan kira-kira berapa lama jarak yang tepat untuk hamil lagi?

Plasenta previa adalah kondisi dimana lokasi plasenta tidak normal, terletak di bawah mendekati atau menutupi jalan lahir. Hal ini menyebabkan risiko perdarahan saat kehamilan ketika dasar plasenta tersebut terlepas saat ada pembukaan jalan lahir, dan jika posisi plasenta menutup total jalan lahir maka tidak mungkin dapat melahirkan secara normal. Penyebab pastinya tidak diketahui, namun ada beberapa faktor risiko terjadinya plasenta previa: riwayat operasi sesar, riwayat plasenta previa sebelumnya, merokok, hamil kembar dll. Tidak ada patokan pasti kapan waktu ideal untuk hamil lagi, namun jika persalinan sebelumnya dengan operasi sesar sebaiknya menunda 2 tahun.

  • Bisakah jika pertama sesar untuk kehamilan berikutnya normal?

Tetap mungkin jika memenuhi syarat-sayartnya: harus bersalin di rumah sakit, hanya pernah satu kali operasi sesar, ukuran janin normal (tidak terlalu besar), posisi plasenta normal, dan ukuran panggul normal.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

dr.-Muhammad-Ilham-Aldika-Akbar-SpOG1

Narasumber,

 

Muhammad Ilham Aldika Akbar SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan
RSIA Kendangsari Merr Surabaya

Open chat
Operator kami siap membantu anda
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH