Benarkah Sterilisasi Menghilangkan Gairah Seksual Wanita?

Assalamu’alaikum dokter …

Setelah melahirkan anak kedua, saya berencana melakukan sterilisasi. Bagaimana tindakan sterilisasi dilakukan dan benarkah wanita yang menjalani sterilisasi akan kehilangan gairah seksualnya? Mohon informasinya.

Aulia – Sekardangan

Jawab:

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Sterilisasi adalah metode kontrasepsi wanita yang bersifat permanen dan sangat efektif. Prinsip sterilisasi wanita adalah melakukan pembuntuan atau pemotongan saluran tuba, yang berfungsi menghubungkan rahim dengan sel telur. Seperti diketahui proses kehamilan membutuhkan saluran tuba yang baik dan intak agar sperma dapat bertemu dengan sel telur, dan terjadi pembuahan. Dengan pembuntuan saluran tuba akan menghambat proses pembuahan ini.

Ada beberapa pendekatan untuk melakukan sterilisasi dengan cara laparoskopi (operasi minimal invasif), mini laparotomi, dan yang sedang berkembang dengan histeroskopi. Dengan laparoskopi biasanya saluran tuba akan dipasang semacam cincin atau clip. Sedangkan pada mini laparotomi saluran tuba akan dipotong 3-4 cm kemudian diikat. Pada sebagian besar wanita angka keberhasilan sterilisasi sangat tinggi mencapai 99%. Karena tidak ada pengaruh pada sistim hormon wanita dan anatomi rahim, maka prosedur ini tidak ada pengaruhnya pada gairah seksual, kenikmatan seksual, maupun siklus menstruasi wanita.

Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.

dr.-Muhammad-Ilham-Aldika-Akbar-SpOG1

 

Narasumber

dr. Muhammad Ilham Aldika Akbar SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan
RSIA Kendangsari Merr
Surabaya

Open chat
Operator kami siap membantu anda
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH