START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

TUHAN

TERNYATA MENCEGAH GIGI BERLUBANG PADA ANAK BISA DIATASI SEJAK DALAM KANDUNGAN

MENCEGAH GIGI ANAK BERLUBANG SEJAK DALAM KANDUNGAN

 Bunda sudahkan tahu jika mencegah gigi berlubang pada anak ternyata bisa di atasi sejak dalam kandungan . kok bisa ya? Mari kita simak yuk penjelasaan dari Drg Muthyah Ardhani Sp.KGa.

10893_perawatan-gigi-saat-hamil

Ternyata benih gigi itu sudah muncul dari usia janin 4-5 bulan (trimester pertama), nah ketika trimester pertama ini sang ibu pasti sedang mengalami gejala kehamilan yaitu mual yang sangat hebat, sehingga banyak nutrisi yang masuk akhirnya keluar lagi / berkurang  padahal sebenarnya benih gigi itu sudah ada diusia kehamilan trimester pertama ini. Dan permasalahan ini yang masih banyak bunda” belum faham dan mengetahuinya bukan ?

Permasalahan nutrisi yang hilang ini bukan hal yang sepele loh karena dampaknya ketika bayi lahir nanti akan berpengaruh kepada struktur gigi, warna gigi, juga bentuk giginya. Dan akhirnya bisa menjadi penyebab gigi berlubang pada anak nantinya.

anda-bingung-karena-si-kecil-takut-ke-dokter-gigi

Untuk menekan jumlah masalah kesehatan gigi, Kementerian Kesehatan mencanangkan Indonesia Bebas Karies (gigi berlubang) pada 2030 mendatang. Salah satu program yang dijalankan adalah menggalakkan upaya promotif untuk menyikat gigi dengan baik dan benar dan memberdayakan dokter dan terapis kesehatan gigi di Unit Kesehatan Sekolah dan puskesmas yang tersebar hingga ke pelosok Indonesia.

Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini mengingat bahwa dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kehamilan. Salah satu bentuk kepedulian tentang kesehatan gigi ibu hamil adalah dengan menyebarluaskan informasi cara yang benar dalam merawat gigi, sejak sebelum hamil dan saat kehamilan.

masih-takut-ke-dokter-gigi-alodokter

Mengapa calon bunda/bunda yang akan melakukan program kehamilan diwajibkan periksa gigi sebelum  terjadi kehamilan dikarenakan ketika masa kehamilan tidak disarankan dan tidak di perbolehkan melakukan tindakan atau perawatan tertentu karena akan beresiko pada ibu dan calon bayi, Berikut ini ada sedikit tips yang disarankan untuk para bunda menghindari gigi permasalahan tersebut :

Tips merawat gigi sebelum hamil

  1. Lakukan penyikatan gigi secara benar serta gerakan sikat melingkar dengan hati-hati di sela–sela gigi. Sikat gigi arah atas ke bawah; dan sebaliknya, arah bawah ke atas.
  2. Sikatlah gigi secara teratur dengan pasta gigi yang sesuai, dua kali sehari dan pada malam saat menjelang tidur.
  3. Hindari makanan terlalu panas, dingin, dan asam, ngemil serta menggigit makanan yang terlalu keras.
  4. Hindari kebiasaan menusuk lubang pada gigi, terlebih dengan alat yang tidak bersih. Bila terdapat lubang di gigi, lakukan perawatan ke dokter.
  5. Bila menggunakan gigi palsu yang bisa dilepas, lakukan perawatan dengan disikat bersih dan direndam dengan cairan obat kumur agar jamur atau bakteri tidak tumbuh.
  6. Bersihkan plak atau karang gigi secara teratur ke dokter gigi. Enam bulan sebelum menikah, cek kesehatan gigi dan mulut ke dokter.
  7. Hindari kebiasaan merokok karena racun nikotin merusak lapisan gigi.

Tips merawat gigi pada ibu hamil

  1. Gunakan sikat gigi yang lembut dan ukuran yang sesuai.
  2. Pada waktu ibu hamil muntah atau sering mengeluarkan air liur, jangan lupa untuk berkumur. Berkumur bisa dilakukan dengan air hangat yang dibubuhi garam. Berkumur dengan air hangat juga bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa lemak pada rongga mulut dan sela gigi.
  3. Pilih pasta gigi yang tidak merangsang alergi, terutama untuk gusi sensitif.
  4. Lakukan penyikatan gigi secara benar dan gerakan sikat melingkar dengan hati-hati di sela–sela gigi. Sikat gigi arah atas ke bawah; dan sebaliknya, arah bawah ke atas.
  5. Bila ada gangguan kesehatan pada mulut yang perlu menggunakan obat kumur, sebaiknya memperhatikan label pada kemasan tentang keterangan kontra indikasi untuk ibu hamil. Ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter gigi dalam penggunaan obat kumur, terutama untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut ataupun membersihkan keasaman pada rongga mulut.
  6. Bila mempunyai gigi palsu, lakukan perawatan gigi palsu secara teratur.
  7. Konsumsi buah-buahan berserat yang banyak mengandung vitamin C.
  8. Penuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan anjuran dokter atau bidan, terutama dari sumber zat makanan alami.

Semoga bermanfaat bagi Anda, para ibu hamil!

untuk info yang lebih lengkap cek infonya di link berikut ya bunda https://www.youtube.com/watch?v=8Cu8uCm2Syk
.