Hari Pertama Vaksinasi Covid 19 di RSIA Kendangsari MERR Surabaya

Tenaga Kesehatan (Nakes) menjadi giliran berikutnya yang mendapat suntik vaksin Covid-19, sebagai program anjuran pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus pada garda terdepan.

Sejumlah tenaga  kesehatan (nakes) di Surabaya mulai mendapatkan vaksinasi COVID-19. Salah satu rumah sakit yang melakukan vaksinasi tersebut adalah RSIA Kendangsari  Merr Surabaya.

Pelaksanaannya sendiri dilakukan di ruang terpisah dan steril. Tak lupa, petugas juga mengenakan pakaian medis dan alat pelindung diri lengkap (APD).

Dr Sukamto, Direktur Utama RSIA Kendangsari Merr, mengatakan, hari ini pihaknya mendapatkan kuota sebanyak 7. Sementara jumlah nakes di rumah sakit 199 orang. Bagi yang sudah menerima vaksin Sukamto berpesan, sebaiknya beristirahat 30 menit.

“Mekanisme tahapannya, kami memasukkan data lewat SISDMK. Data data sumber daya manusia kesehatan kami kirim ke dinas kesehatan. Kalau misal habis disuntik tapi tambah segar bisa dilanjutkan lagi aktivitasnya,” ujarnya.

Ditambahkan, RSIA Kendangsari –  Merr mendapatkan jatah 3 hari untuk melayani vaksin. Dimana setiap satu sesinya berkapasitas hingga 20 orang.

Di hari pertama vaksinasi ini, terdapat sekitar tujuh nakes yang divaksin, baik dari RSIA Kendangsari Mer maupun dari RS lain. Pihaknya juga mengimbau para nakes yang telah mendapatkan vaksinasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Jadi kekebelan itu tidak langsung ada setelah disuntik, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk kekebalan itu tumbuh. Jadi memang protokol kesehatan 3M atau 5M harus tetap dipatuhi,” tegasnya.

Sementaraitu, dr. Dini Adityarini, SpA, salah satu dokter yang mendapatkan vaksinasi mengaku senang dan antusias lantaran dirinya berkesempatan untuk divaksin di hari pertama.

“Senang sekali, karena memang ingin dapat duluan agar segera terlindungi. Untuk saya vaksin ini akan menguragi resiko terpapar dan akan mengurangi tingkat keparahan apabila terinfeksi COVID-19,” kata dokter spesialis anak ini, Jumat (15/1)

Bahkan ia juga mengaku tidak sabar mendapatkan vaksin kedua yang akan dilakukan 14 hari setelah vaksinasi pertama.

Sumber : http://kilasjatim.com/vaksinasi-covid-19-hari-pertama-di-rsia-kendangsari-meer-prioritaskan-nakes/

About the Author :

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH