START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

l-20191125130847pita-sari

Dua Tipe Beser, Terjadi pada Ibu Hamil dan Melahirkan

Sering buang air kecil dengan frekuensi lebih dari 8 kali sehari, adalah masalah yang dihadapi kaum perempuan. Masyarakat awamnya sering menyebutnya, beser. Hal demikian kerap terjadi pada perempuan hamil dan melahirkan.

“Masalah ini tidak boleh diremehkan,” kata dr. Eighty Mardiyan Kurniawati, SpOG spesialis Obsteri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr, Surabaya. Hal itu terungkap dalam talkshow kesehatan bertajuk ‘Beser dan Turun Rahim’, Senin 25 November 2019.

Menurut dokter Eighty, ada dua tipe beser pada perempuan yang sudah hamil dan melahirkan. Karena, faktor otot levator ani atau otot panggul mengendur.

“Kenapa demikian? Karena saat hamil ataupun melahirkan otot levator ani berperan banyak di sana. Saat hamil, misalnya otot tersebut bekerja untuk menahan berat badan bayi yang dikandung. Semakin besar bayi tentu otot akan bekerja lebih keras,” ungkap dokter dengan sub spesialis Uroginekologi dan Bedah Rekontruksi.

Pertama Tiper Stres

Menurut Eighty, stres megakibatkan tekanan dibawah perut yang mendorong kandung kemih untuk mengeluarkan kencing. Tidak singkron dengan uretra, uretra berfungsi menghubungkan kandung kemih ke lingkungan tubuh yang lain.

“Normalnya uretra akan menahan kencing sampai waktu dan tempat yang tepat. Tapi ini belum sampai di tempat biasanya sudah beser duluan. Ini yang dinamakan beser tipe stres,” kata Eighty ditemui di lokasi acara Atrium Tunjungan Plaza 3.