Apakah IUD Mengganggu Saat Berhubungan ?

Assalamu’alaikum dokter …

Saya berusia 33 tahun dan memakai IUD setelah melahirkan anak pertama. Namun suami mengeluh saat berhubungan seks terasa ada yang menusuk-nusuk penis. Apakah IUD bisa bergeser-geser?

Safitri – Puri Safira Regency

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh.

IUD atau lazim dikenal dengan spiral, adalah alat kontrasepsi kecil, sering berbetuk T, mengandung zat tembaga atau hormon, dan dimasukkan dalam rahim. IUD adalah alat kontrasepsi jangka panjang yang sangat efektif, serta mudah kembali kepada kesuburan. Kegagalan IUD untuk mencegah kehamilan hanya sekitar 0.2 – 0.8%. Sehingga merupakan salah satu metode kontrasepsi paling efektif. Efek samping tergantung jenis IUDnya, bisa memperbanyak jumlah darah menstruasi, atau malah menghentikan menstruasi.

Salah satu bagian dari IUD adalah benang, yang menempel pada ujung bawah IUD, dan biasanya dijulurkan sampai ke luar rahim (ke dalam vagina), dengan tujuan untuk mempermudah nanti dalam proses pelepasan IUD. Kemungkinan besar yang dirasakan suami ibu adalah benang IUD yang terjulur dalam vagina. Untuk mengatasi hal ini bisa kontrol ke dokter kandungan.

Posisi IUD bisa bergeser-geser namun hanya dalam rahim, pada sebagian kecil kasus IUD bisa keluar dari rahim dan berada di dalam perut ibu. Namun kasus demikian sangat jarang, dan tidak menimbulkan efek yang berat. Semoga bermanfaat.

dr.-Muhammad-Ilham-Aldika-Akbar-SpOG1

 

Narasumber

Muhammad Ilham Aldika Akbar SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan
RSIA Kendangsari Merr
Surabaya

About the Author :

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH