Apakah Tidak Haid Pasti Hamil Ya ?

Assalamu’alaikum dokter …

Saya mau bertanya, saya sudah berhubungan dengan suami saya terus menerus, sudah 2 minggu lebih. Tetapi kenapa saya belum menstruasi juga ya dok? Saya coba tespek, hasilnya negatif. Lalu saya minum obat pelancar haid, namun sampai sekarang saya tidak haid juga dok. Apakah saya hanya telat datang bulan ? Apakah Tidak Haid Pasti Hamil Ya ? Tolong penjelasannya, dok. Terima kasih.

Ita – Cendrawasih Sidoarjo

Jawab:

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Sebelumnya perlu diketahui dulu bagaimana siklus menstruasi ibu. Apakah teratur atau tidak? Disebut teratur jika jarak antara menstruasi berkisar 28-35 hari. Pada keadaan mens yang tidak teratur maka bisa saja sering terlambat haid yang bukan karena kehamilan. Namun sebagian besar wanita dapat mengalami telat haid disebabkan kondisi stres fisik atau mental/emosi yang dapat mempengaruhi kondisi hormonal seseorang.

Kondisi menstruasi yang jarang (tiap 2 atau 3 bulan sekali) dapat terjadi pada kondisi sindroma ovarium polikistik (SOPK) yang mesti membutuhkan penanganan dokter spesialis kandungan. Sebaiknya ibu memeriksakan diri ke dokter kandungan sehingga dapat diketahui dengan jelas apa penyebab telat menstruasinya. Semoga bermanfaat.

dr.-Muhammad-Ilham-Aldika-Akbar-SpOG1

Narasumber

Muhammad Ilham Aldika Akbar SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan
RSIA Kendangsari Merr
Surabaya

About the Author :

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH