Batuk Hingga Muntah pada Anak

Assalamu’alaikum dokter …

Saat ini bayi saya berusia 18 bulan, sudah seminggu ini batuk parah. Sudah dibawa ke dokter, namun tetap masih batuk. Bahkan kadang ketika diberi obat, obatnya keluar lagi. Keadaan batuk parah hingga muntah-muntahnya sering terjadi pada saat malam hari. Bagaimana ya, Dok?

Ida – Sidotopo Wetan

Jawab:

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih Ibu Ida atas pertanyaannya. Untuk kondisi batuk hingga muntah pada anak Ananda yang semakin parah, saya sarankan untuk SEGERA dibawa kembali ke dokter untuk diperiksa ulang. karena batuknya sudah cukup lama dan tak kunjung membaik. Apabila ibu merasa cukup nyaman dengan dokter yang pertama kali menangani, silakan kembali kontrol pada beliau. Karena dokter tersebut tentunya yang mengetahui kondisi di awal sakit Ananda, dan akan sangat baik bila dapat terus memantau perkembangannya.

Apabila ibu menginginkan pendapat dari dokter yang lain pun sebetulnya tidak masalah, namun ceritakan sejak awal dengan detail kondisi Ananda.

Yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kondisi kecukupan asupan cairan dan nutrisi. Dimana pada saat sakit, nafsu makan dan minum bisa menurun, ditambah lagi kondisi batuk yang disertai muntah yang bisa menyebabkan Ananda dalam resiko kekurangan cairan. Apabila ibu merasa khawair dengan kondisi Ananda dan bila didapatkan sesak napas, tidak aktif atau lemas, tidak mau makan dan minum, muntah yang sangat sering atau terdapat tanda-tanda kekurangan cairan seperti mulut dan air matanya kering, suhu meningkat, dan kencingnya berkurang, sebaiknya segera dan jangan ditunda untuk dibawa ke Rumah Sakit melalui UGD untuk dilakukan perawatan inap.

Demikian. Saya turut mendoakan semoga Ananda segera pulih, sehat dan ceria kembali. Terima kasih.

 

Diana Amilia Susilo, SpA
Dokter Spesialis Anak
RSIA Kendangsari Merr
Surabaya

About the Author :

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH