Cara agar anak kembali semangat makan

Assalamu’alaikum dokter … Putri saya berusia 18 bulan, akhir-akhir ini dia susah sekali membuka mulutnya untuk makan. Maunya hanya susu dan buah saja. Bagaimana caranya agar dia kembali bersemangat makan lagi. Terima kasih. Ida – Gresik

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh

Masalah sulit makan memang yang paling sering dihadapi oleh orang tua. Pengertian kesulitan makan adalah jika anak tidak mau atau menolak untuk makan, atau mengalami kesulitan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan jumlah dan jenis tertentu sesuai usia fisiologis, yaitu mulai sulit membuka mulut, memuntahkan makanan, berlama-lama dan memainkan makanan, menepis suapan dari orang tua, atau tidak menyukai banyak variasi dari makanan. Jadi hanya mau susu dan roti, atau hanya mau susu dan buah seperti anak ibu. Perkembangan bayi pada usia 0 – 1 tahun lebih pesat daripada ketika ia berusia di atas 1-6 tahun, dan terus melambat seiring bertambahnya usia. Dan ini juga berpengaruh pada selera makan yang juga akan menurun serta susah makan. Beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyiasati balita kita yang sulit makan adalah sebagai berikut:

  1. Membuat variasi makanan yang berbeda-beda sehingga anak tidak bosan, jadi bunda bisa mulai membeli buku resep makanan untuk balita dan mempraktekkannya.
  2. Suasana makan harus nyaman, tidak boleh ada ancaman atau kritikan atau gertakan, karena ini akan membuat anak trauma, dan juga tidak boleh memberikan pujian atau hadiah jika dia mau memakan suapannya.
  3. Saat makan tidak boleh sambil bermain, melihat televisi atau bersepeda. Karena ini justru akan mengalihkan perhatian anak dan tidak konsentrasi menghabiskan makanannya.
  4. Orang tua dianjurkan menjaga anak tetap tinggal di kursi sampai waktu makan berakhir dan waktu makan tidak boleh melebihi 20 – 30 menit.
  5. Karena kapasitas perut anak berbeda, maka berikan makanan dalam jumlah sedikit namun sering dan jangan memberikan makanan kecil terutama yang mengandung penyedap rasa diantara waktu makan anak. Karena zat perasa atau penyedap rasa mempunyai efek rasa kenyang pada anak.
  6. Hindari memberikan junkfood pada anak. Karena rasa dari makanan seperti ini akan menipu lidah anak, sehingga ketika diberi makan nasi atau masakan sesuai usianya, anak merasa makanan tidak enak. Yang perlu diingat pemberian vitamin tidak terlalu banyak membantu.

 

dr. Leny Kartina, SpA

Narasumber

dr. Leny Kartina, SpA
Dokter Spesialis Anak
RSIA Kendangsari Merr
Surabaya

About the Author :

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH