START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

INSOMNIA KEHAMILAN DAN CARA MENGATASI

Insomnia pada Kehamilan dan solusinya

RSIA Kendangsari MERR Surabaya (14/06/2015). Insomnia adalah salah satu kesulitan memulai tidur. Insomnia inisial (Kesulitan untuk memulai tidur). Insomnia Akut ( Terjadi selama periode singkat), Insomnia intermiten (Kesulitan untuk tetap tertidur karena seringnya terjaga), Insomnia terminal (Bangun terlalu dini dan sulit untuk tidur kembali). Insomnia Kronis (terjadi cukup lama).

Indikasi insomnia adalah kesulitan untuk memulai tidur, sering terbangun di malam hari, terbangun terlalu dini, badan tidak seger, kesulitan konsentrasi mengantuk di siang hari, Gangguan Mood (mudah marah). Perlu di ketahui fungsi istirahat atau tidur adalah Regenerasi sel-sel, —Menambah konsentrasi dan kemampuan fisik, Memperlancar produksi hormon pertumbuhan, —Memelihara fungsi jantung, —Mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas seharian, —Menyimpan energi, Meningkatkan Imunitas.

Cara men—gatasi insomnia pada ibu hamil, tidur dengan jam teratur setiap hari, olah raga minimal 2x seminggu, senam hamil Yophyta, melakukan relaksasi Yophyta, meditasi afirmatif positif Yophyta, kenyamanan dan ketenangan kamar tidur, serta menghindari makanan dan minuman berkafein dan bersoda sebelum tidur

Narasumber :

Esty

Esty Yunitasari.,S.Kp.,M.Kes