START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

MENCEGAH ANAK TERLAMBAT BICARA

Dear, bunda

Kali ini kita akan membahas tentang cara mencegah anak terlambat bicara. Deteksi dini sangat di wajibkan sekali bagi kita semua para orang tua mengawasi  proses tumbuh kembang anak kita, Sebenarnya, perkembangan bicara tiap anak berbeda-beda. Namun, ada patokan dasar yang bisa Anda gunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan bicara anak Anda sesuai usianya. Hal ini bisa diterapkan untuk mendeteksi apakah anak Anda mengalami keterlambatan dalam berbicara atau tidak.

Berikut ini adalah patokan kemampuan berbicara anak sesuai usianya.

  1. Usia 3 bulan
    Related image
    Pada usia ini, bayi mulai mengeluarkan suara yang tidak memiliki arti atau bisa dibilang ‘bahasa bayi’. Dia juga sudah mulai mengenali suara Anda serta memperhatikan wajah Anda saat berbicara kepadanya. Sebagai orang tua, Anda harus jeli dengan tiap tangisan yang dia keluarkan. Pada usia tiga bulan, bayi sudah bisa menangis untuk kebutuhan yang berbeda-beda.
  1. Usia 6 bulan

Image result for CEGAH ANAK TERLAMBAT BICARA
Bayi mulai mengeluarkan suara-suara yang berbeda dan terdengar lebih jelas suku katanya, walau tidak memiliki arti, seperti mengucapkan “da-da” atau “ba-ba”. Pada akhir usia enam bulan, bayi sudah bisa bersuara untuk mengekspresikan kondisinya saat senang atau sedih, melihat ke arah yang menimbulkan suara, dan memperhatikan alunan musik. Saat namanya disebut, bayi juga sudah bisa menoleh ke arah Anda.

  1. Usia 9 bulan

Image result for CEGAH ANAK TERLAMBAT BICARA
Setelah usia sembilan bulan, bayi akan memahami beberapa kata dasar seperti ‘”tidak” atau “ya”. Dia juga mulai menggunakan nada suara yang lebih luas.

  1. Usia 12 bulan

Image result for CEGAH ANAK TERLAMBAT BICARA
Dia sudah bisa mengucapkan kata “mama” atau “ayah” dan menirukan kata-kata yang Anda ucapkan. Pada usia satu tahun ini, dia sudah bisa memahami beberapa perintah seperti, “Ayo, kemari” atau “Ambil botolnya”. Bayi Anda juga sudah mengenal beberapa benda seperti sepatu, boneka, atau botol susu.

  1. Usia 18 bulan

Bayi sudah bisa mengulang kata-kata yang Anda ucapkan kepadanya dan akan menunjuk ke sebuah benda atau bagian tubuh yang Anda sebutkan. Di usia tersebut, bayi juga sudah bisa mengucapkan sekitar 10 kata dasar. Namun normal jika ada beberapa kata yang masih belum jelas pengucapannya seperti kata “makan” disebut “mam”.

  1. Usia 24 bulan

Image result for CEGAH ANAK TERLAMBAT BICARA
Dia sudah bisa mengucapkan setidaknya 50 kata dan berkomunikasi memakai dua kosa kata seperti “mau susu”.

  1. Usia 3-5 tahun

Kosakata yang dimiliki anak pada usia tersebut akan berkembang dengan cepat. Pada usia tiga tahun, sebagian besar anak-anak dapat menangkap kosakata baru dengan cepat. Mereka juga sudah bisa memahami perintah yang lebih panjang seperti, “Ayo, cuci kaki dan sikat gigi” atau “Buka sepatunya lalu ganti baju”.

Terkadang para orang tua juga berpatokan jika anak sudah bisa jalan biasanya setelah itu anak dapat bicara namun hal itu tidak dibenarkan atau biasa disebut dengan mitos . Langsung pada pointnya ya bunda , bahwa keterlambatan bicara pada anak yang tumbuh kembang nya normal dan baik” saja bagaimana cara pencegahan dan solusinya jika sudah terjadi.

Menurut Dr . Mira Irmawati ,SP.A.(K) “ jika anak diusia belum muncul tanda bisa mengucapkan 1 kata lebih baik untuk di periksakan ke dokter dan jangan menunda-nunda” .

Image result for anak dan gadget

Dan permasalahan yang paling riskan saat ini hubungan komunikasi anak dengan orang tua terbatas karena gadget / HP (handphone ) , sebaiknya anak tidak diajarkan bergantung dengan gadget sejak dini efek samping dari pengaruh gadget ini juga berbahaya untuk perkembangan anak dalam berkomunikasi dan dampaknya pun tidak baik untuk kesehatan mata buah hati kita tentunya .

Berikan anak kesempatan untuk berinteraksi dan bermain dengan teman-teman sebayanya. Kegiatan ini bisa memotivasi anak untuk belajar bicara karena bermain dengan anak-anak lainnya membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.

Guna memastikan penyebab pasti anak terlambat bicara diperlukan pemeriksaan secara mendetail. Segera periksakan ke dokter spesialis anak, jika diperlukan pemeriksaan mungkin saja dilanjutkan oleh dokter saraf, THT hingga spesialis jiwa anak.

untuk info selengkapnya dari Dr. Mira Irawati SP.A.(K) tentang ulasan beliau terkait cara mencegah anak terlambat bicara silahkan klik link berikut ini ya bunda..

(PART I : https://www.youtube.com/watch?v=9W9uuJig7Dc | PART II https://www.youtube.com/watch?v=W2EaalGz4G4 | PART III https://www.youtube.com/watch?v=f_ChJz3Dpxo )