START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

pregnant-breastfeed

Menyusui Dalam Kondisi Hamil

Assalamu’alaikum dokter …

Saat ini saya mempunyai balita berusia 5,5 bulan namun saya ternyata positif hamil lagi dengan usia kehamilan 10 minggu. Saat ini anak balita konsumsi ASI dan baru-baru saja saya campur dengan sufor itupun atas rekomendasi rekan kantor saya. Apabila sedang menyusui bayi dan hamil lagi apakah ASI akan berhenti? Terima kasih dokter.

Nadia – Balongsari

                                    

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama saya ucapkan selamat atas kehamilan anak kedua Bu Nadia. Pada prinsipnya ibu yang sedang hamil masih tetap boleh menyusui.

Produksi ASI itu dipengaruhi oleh hormon prolaktin, sedangkan untuk meningkatkan jumlah produksi hormon prolaktin dengan cara bayi menyusu langsung pada ibu (dengan hisapan bayi pada payudara ibu akan merangsang keluarnya ASI).

Tetapi yang harus diperhatikan bahwa menyusui akan merangsang peningkatan hormon oksitosin yang pada akhirnya akan menyebabkan kontraksi pada uterus (rahim), sehingga ada kekhawatiran terjadinya abortus spontan (janin lahir sebelum waktunya).

Jadi apabila pada saat proses menyusui berlangsung kemudian terjadi kontraksi rahim (dengan tanda-tanda: nyeri perut atau keluar flek darah) maka proses menyusu harus dihentikan karena dikhawatirkan menyebabkan terjadinya abortus spontan tadi.

dr. Agustini Rizky Dhiniharia, SpOG cpy
Narasumber

Agustini Rizky Dhiniharia, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan
RSIA Kendangsari Merr
Surabaya