START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

Kamar Operasi

1

Setiap kegiatan senam hamil ada pembicara dari Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan (SpOG) serta Dokter Spesialis Anak (SpA) yang sangat berpengalaman dibidangnya.
Dan disediakan waktu 15 menit untuk tanya jawab seputar problema kehamilan.

Dengan banyaknya keuntungan dan manfaat yang kita dapatkan untuk kesehatan Ibu/calon ibu dan anak dari senam hamil ini mari kita lakukan kegiatan ini secara teratur.
Hadirlah di RSIA KENDANGSARI SURABAYA untuk mengikuti sesi senam hamil yang kami adakan.
Kami menanti anda dan kami akan melayani anda……

Kamar Bersalin Private

IMD-2

Kebijakan tentang ASI dan Menyusui di RSIA Kendangsari tidak hanya disosialisasikan pada semua karyawan tapi juga pada setiap pengunjung rumah sakit, di tempat yang mudah dibaca oleh semua pengunjung. Baik staf medis maupun non medis telah mendapatkan edukasi dan pelatihan tentang manajemen laktasi, sehingga informasi tentang ASI dan menyusui dapat diakses di semua lini pelayanan. informasi tentang ASI dan menyusui dapat diakses oleh ibu hamil melalui buku ibu, saat melakukan pemeriksaan antenatal, senam hamil maupun saat mengikuti kelas laktasi maupun klinik laktasi.

Semua ibu bersalin (spontan maupun operasi) di RSIA Kendangsari apabila kondisi ibu dan bayi bugar tanpa kontraindikasi akan dilakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah lahir. Hal ini dilakukan agar bayi segera mendapatkan kontak kulit dengan ibunya sehingga memungkinkan bayi untuk mendapatkan kolostrum (ASI yang berwarna kekuningan) dan bakteri baik dari kulit ibunya yang berguna untuk melindungi saluran pencernaan bayi. Dan tentunya dengan IMD akan memantapkan proses menyusui selanjutnya

Ruang NICU

NICU

Metode rooming-in yang terbukti ampuh memperlancar ASI dan mendekatkan ibu dan anak dapat dilakukan oleh setiap orang, dengan catatan bayi dan ibu dalam kondisi sehat. Itu sebabnya, jika Anda dan bayi tidak memiliki masalah kesehatan apa pun, tak perlu ragu meminta fasilitas rooming-in pada rumah sakit tempat Anda dirawat. Tentunya, akan lebih baik bila Anda ‘berbelanja’ informasi terlebih dulu, sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan tempat akan menjalani persalinan. Pasalnya, di sejumlah rumah sakit, pelayanan rooming-in hanya bisa diberikan pada pasien yang dirawat dalam kamar dengan satu tempat tidur.

Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Surabaya memasukkan Rooming In sebagai Layanan Unggulan yang senantiasa diberikan terhadap setiap pasien.

Ruang Bayi

NICU

USG 4 dimensi merupakan salah satu pelayanan unggulan RSIA Kendangsari. Dibandingkan teknologi 3 dimensi, yang masih belum dapat merekam gerak janin, pada USG 4 dimensi calon ayah dan bunda dapat melihat gerakan janin, sehingga mampu mendeteksi apabila terdapat kelainan pada janin secara cepat dan akurat. Rekaman gerakan janin akan disimpan dalam CD dan diserahkan pada pasien, sehingga sewaktu-waktu calon ayah bunda dapat memutar kembali rekamannya, selain itu calon ayah bunda juga akan mendapatkan cetakan hasil USG seperti pada umumnya.

Poli Obgyn

USG-4D

Sejak dulu, pijat pada bayi dipercaya memiliki banyak manfaat. Terlebih-lebih lagi pada bayi prematur atau yang lahir via operasi Caesar, yang bisa mengalami shock ketika lahir. Yang pasti, pijat memberi sentuhan yang menenangkan, serta mengingatkan bayi akan rasa nyaman selama berada dalam kandungan bunda. Manfaat lain dari pijat bagi bayi:

  • Membuatnya lebih jarang sakit, tidur lebih nyenyak, dan makan lebih baik. Juga, pencernaan bayi akan lebih lancar.
  • Mempererat kelekatan (bonding) antara anak dan orangtua, serta membuat bayi merasa nyaman.
  • Memperlancar peredaran darah serta membuat kulit bayi terlihat lebih sehat.
  • Bayi yang sering dipijat jarang mengalami kolik, sembelit, dan diare.
    Membuat otot-otot bayi lebih kuat, dan koordinasi tubuhnya lebih baik.
    Sistem kekebalan tubuh bayi akan lebih kuat, serta membuatnya lebih tahan terhadap infeksi dan berbagai masalah kesehatan lain.
  • Bayi yang sering dipijat tumbuh menjadi anak yang lebih riang dan bahagia. Selain itu, ia jarang rewel dan tantrum. Secara umum, anak-anak ini jarang memang mengalami masalah psikologis atau emosional.

Poli Anak

pijat-bayi 2
Beberapa manfaat dari mencukur rambut bayiadalah:
  1. Pada saat bayi melewati jalan lahir, banyak lemak dan kotoran ibu yang menempel pada tubuhnya, termasuk rambutnya. Cukur rambut akan ‘mengangkat’ sisa-sisa lemak dan kotoran tersebut sehingga bisa mencegah timbulnya kerak kepala (dermatitis seboroik).
  2. Mudah mendeteksi adanya masalah di kulit kepala bayi, seperti bisul, iritasi, atau luka.
  3. Bayi mudah beradaptasi dengan lingkungan atau udara sekitar karena kulit kepalanya tidak berambut.
Setelah dicukur, rambut akan tumbuh kembali. Ada yang kembali seperti saat lahir, ada yang bertambah lebat, atau sebaliknya ada yang menjadi lebih sedikit. Hal ini dipengaruhi faktor genetik dari orangtua, juga bisa dari nenek-kakek. Yang lebih penting, kebersihan rambut bayi harus selalu dijaga.

Laboratorium

merr_cafe-1024x682

Banyak calon ibu baru yang belum paham benar mengenai ASI. Di kelas laktasi, Anda akan mendapatkan banyak informasi yang Anda butuhkan mengenai ASI dan menyusui, mulai dari manfaat ASI dan menyusui, cara menyusui yang benar, cara memerah ASI dan sebagainya. Kelas laktasi siap membantu Anda mencarikan solusi untuk masalah menyusui Anda. Di kelas in, Anda juga bisa sharing pengalaman dengan ibu-ibu lain tentang menyusui, yang pasti menambah pengetahuan Anda dalam memberikan ASI bagi si kecil.

Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari  MERR Surabaya sebagai Rumah Sakit ASI di Indonesia sangat rutin dalam memberikan penyuluhan – penyuluhan tentang asi secara berkesinambungan. Kelas Laktasi secara khusus selalu diberikan terhadap setiap pasien ibu yang melahirkan di Rumah Sakit ini. Selain itu juga event – event mengenai penyuluhan asi kepada masyarakat umum senantiasa diadakan oleh RSIA Kendangsari MERR Surabaya

Instalasi Farmasi

merr_cafe-1024x682

Klinik laktasi merupakan tempat ibu berkonsultasi dengan tenaga medis yang memiliki pengetahuan mengenai serba serbi pemberian ASI. Di tempat ini, tenaga medis akan memberikan penyuluhan, dukungan, dan pelatihan pada Ibu untuk mendapatkan informasi dan untuk mengatasi masalah pemberian ASI. Umumnya Ibu memerlukan dua hingga tiga kali kunjungan selama 45 menit hingga 1 jam. Sebagian besar masalah pemberian ASI dapat dibantu dengan konseling di klinik ini. Di klinik laktasi, Ibu juga dapat berjumpa dengan Ibu lainnya yang memiliki masalah yang sama, sehingga Ibu dapat berbagi cerita dan bertukar pendapat.

Radiologi

paket-melahirkan

Wanita yang mempunyai problem sulit hamil biasanya akan merasa prustasi dan stress. Itu wajar, karena wanita dikatakan wanita yang sempurna adalah ketika berhasil memberikan keturunan bagi pasangan atau keluarganya sehingga tongkat estafetpun akan terus terjaga.

Bagi wanita yang kesulitan untuk cepat hamil dan ingin sekali cepat hamil. Maka rajinlah untuk mencari informasi yang relevan tentang bagaimana sih cara cepat hamil yang baik dan benar.

RSIA Kendangsari MERR Surabaya melayani program kehamilan dengan berbagai macam metode yang tentu saja sangat bermanfaat bagi bunda.