START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

Kamar Operasi

Kamar operasi adalah suatu unit khusus di rumah sakit, tempat untuk melakukan tindakan pembedahan, baik elektif maupun emergency, yang membutuhkan keadaan suci hama (steril). Kamar bedah adalah ruang dimana dilakukan tindakan tindakan sehubungan dengan pembedahan. Ruangan ini merupakan ruangan terbatas/ ketat.

IMG_7306

 

Kamar Bersalin VK

Kamar besalin VK yang sebenarnya adalah kamar untuk ibu yang sudah dalam kala 1 fase aktif atau kala 2 persalinan. Pada saat ini seorang ibu hamil berada dalam kondisi yang paling tidak menyenangkan, karena berada dalam puncak rasa sakitnya. Tidak banyak yang dapat dilakukan oleh petugas dalam hal konseling manajemen laktasi, karena sulit bagi ibu untuk diajak berkomunikasi, kecuali tentang hal-hal yang menyangkut proses persalinan. Meskipun demikian, gambar atau poster tentang cara menyusui yang baik dan benar, serta menyusui segera sesudah lahir, dapat dipasang di ruangan ini.
Dalam waktu 30 menit setelah lahir, bayi harus segera disusukan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa rangsangan putting susu akan mempercepat lahirnya plasenta melalui pelepasan oksitosin, yang dapat mengurangi risiko perdarahan postpartum. Rangsangan putting susu memacu refleks prolaktin dan oksitosin, dua refleks penting yang dibutuhkan dalam proses menyusui. Meskipun ASI belum keluar, kontak fisik bayi dengan ibu tetap harus dikerjakan karena memberikan rasa kepuasan psikologis yang dibutuhkan ibu agar proses menyusui berjalan lancar.
Penyusuan dini dikerjakan pada bayi normal, yaitu bayi lahir dengan nilai Apgar 5 menit di atas 7 dan refleks mengisap baik. Bayi lahir dengan asfiksia dan bayi dengan cacat bawaan sebaiknya tidak segera disusukan kepada ibunya.
Bila ibu mendapat pembiusan umum, misalnya untuk persalinan dengan sectio cesarea, penyusuan dilakukan segera setelah ibu sadar penuh, misalnya 4-6 jam setelah operasi. Pada keadaan ini efek pembiusan pada ibu dan bayi telah berkurang, sehingga refleks mengisap bayi telah timbul kembali. Penyusuan pasca operasi memerlukan pertolongan petugas untuk membantu ibu memegang bayi, membetulkan posisi ibu, dan sebagainya. Bayi yang lahir dengan tindakan vakum atau forcep, sering disertai dengan trauma kepala, sehingga tidak jarang juga mengalami asfiksia. Meskipun demikian penyusuan dapat segera dimulai dengan bantuan petugas.

IMG_7240

Semua ibu bersalin (spontan maupun operasi) di RSIA Kendangsari MERR apabila kondisi ibu dan bayi bugar tanpa kontraindikasi akan dilakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah lahir. Hal ini dilakukan agar bayi segera mendapatkan kontak kulit dengan ibunya sehingga memungkinkan bayi untuk mendapatkan kolostrum (ASI yang berwarna kekuningan) dan bakteri baik dari kulit ibunya yang berguna untuk melindungi saluran pencernaan bayi. Dan tentunya dengan IMD akan memantapkan proses menyusui selanjutnya

Ruang NICU

Ruang NICU atau neonatal intensive care unit adalah ruang perawatan intensif di rumah sakit yang disediakan khusus untuk bayi baru lahir yang mengalami gangguan kesehatan. Umumnya bayi dimasukkan ke ruang NICU pada masa 24 jam pertama setelah lahir.

Lama perawatan di ruang NICU berbeda-beda, tergantung kondisi setiap bayi. Semakin serius masalah kesehatan yang dialami, semakin lama dia akan berada di ruang NICU. Ada banyak alasan mengapa bayi perlu dirawat di ruang NICU, namun pada dasarnya bertujuan agar Si Kecil mendapat pengawasan dan perawatan secara intensif.

IMG_7326

Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Merr Surabaya memasukkan Ruang NICU sebagai Layanan Unggulan yang senantiasa diberikan terhadap setiap pasien.

Ruang Perinatologi / Ruang Bayi

Ruang perinatologi merupakan fasilitas rawat inap yang disediakan khusus untuk pasien bayi baru lahir-12 bulan. Sedang untuk bayi baru lahir yang sehat dirawat berasama ibunya (rawat gabung)

Fasilitas yang disediakan dalam ruang perinatologi disesuaikan dengan kebutuhan perawatan bagi bayi, mulai dari bayi baru lahir dengan resiko tinggi, bayi dengan kelainan bawaan dampai dengan bayi sakit. Layanan medis diberikan oleh dokter-dokter spesialis anak dengan tenaga keperawatan yang terlatih. Fasilitas-fasilitas ruang perinatologi antara lain sebagai berikut :

  1. Inkubator (infant incubator)
  2. penghangat (infant warmer)
  3. lampu biru (blue lamp)
  4. kotak oksigenasi bayi (head box)
  5. boks bayi (baby box)
  6. ruang tindakan dan perawatan bayi

Klinik Obgyn

Obgyn adalah singkatan yang digunakan untuk Obstetri dan Ginekologi. Meskipun mereka dua spesialisasi yang terpisah, mereka sering digabungkan karena keduanya berhubungan dengan sistem reproduksi wanita. Secara khusus, obstetricians mengkhususkan diri dalam penanganan kehamilan, sementara ginekolog mengkhususkan diri dalam kesehatan keseluruhan dari sistem reproduksi wanita.

Sering kali kalangan awam dibingungkan dengan istilah obstetri dan ginekologi (obgyn).  Istilah ini menyangkut  cabang ilmu kedokteran yang mempelajari dan menangani kesehatan wanita.

Dokter yang ahli dibidang tersebut sering oleh awam disebut sebagai dokter kandungan ataupun ginekolog. Secara medis dikenal sebagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau sering kali disebut dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

IMG_7124

Dokter obgyn adalah dokter spesialis kandungan, Gelar untuk dokter spesialis obgyn adalah Sp.OG. Tugas dari dokter obgyn adalah melayani kesehatan wanita ketika masa kehamilan, nifas dan partus.

Sedangkan kebidanan itu sendiri mempunyai pengertian yang sama dengan dokter kandungan tetapi jika ditilik mengenai tindakan, dokter spesialis kebidanan itu boleh melakukan pembedahan dan bidan (kebidanan) tidak ada kaitannya dengan pembedahan.

Klinik Anak

Poli Kesehatan Anak melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan Anak yang di tangani oleh DOKTER SPESIALIS ANAK yang sudah berpengalaman di bidangnya.

IMG_7360

Pelayanan yang ditangani di Poli Anak adalah :

1. Pemeriksaan Kesehatan Anak
2. Pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak
3. Imunisasi
4. dan lain-lain.

Laboratorium

Laboratorium klinik atau laboratorium medis ialah laboratorium di mana berbagai macam tes dilakukan pada spesimen biologis untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan pasien.

Hampir semua pemeriksaan dilakukan oleh komputer, kecuali Kultur dan Tes Imun dan beberapa tes khusus lainnya, sehingga hasil komputerisasi tiap-tiap Laboratorium Klinik boleh dikatakan sama dan akurat. Perbedaan harga bukan karena perbedaan kualitas, tetapi lebih kepada pelayanan, misalnya gedungnya lebih bagus atau antriannya lebih sedikit dan juga mungkin nama besar dan keterkenalan.

Rumah Sakit biasanya memiliki Laboratorium Kliniknya sendiri dan perlu surat rujukan dokter yang praktik di Rumah Sakit tersebut, sedangkan Laboratorium Klinik Umum yang bukan milik Rumah Sakit ‘tidak’ perlu surat rujukan dokter dan cukup mengatakan bahwa pemeriksaan ini telah biasa dilakukan dan nanti pada formulir pemeriksaan akan ditulis Atas Permintaan Sendiri (APS). Beberapa Laboratorium Klinik Umum yang besar memiliki Dokter Umum dimana kita dapat berkonsultasi secara gratis, tetapi tidak melakukan pemeriksaan fisik. Petugas Laboratorium Klinik Umum biasanya menawarkan penawaran yang lainnya dan mengatakan tidak sekalian.

Instalasi Farmasi

Instalasi Farmasi Rumah Sakit adalah suatu departemen atau sistem pelayanan Farmasi dalamsuatu rumah sakit yang berada dibawah pimpinan seorang apoteker yang kompeten dalam hal:a. Menyediakan obat-obatan untuk unit perawatan dan bidang-
bidang lain. 
  • b. Mengarsipkan resep-resep baik untuk pasien rawat jalan maupun pasien rawat inap.
  • c. Membuat obat-obatan.
  • d. Menyalurkan, membagikan obat-obatan narkotika dan obat yang diresepkan.
  • e. Menyimpan dan membagikan preparat-preparat biologis.
  • f. Membuat, menyiapkan, mensterilkan preparat parenteral.
  • g. Menyediakan serta membagikan keperluan-keperluan tersebut secara profesional.