Saat Hamil, Keluar Bercak Darah Seusai Berhubungan

Assalamu’alaikum dokter.

Nama saya Hani. Saat ini saya sedang hamil anak pertama dan ini kehamilan kedua saya. Sebelumnya di kehamilan pertama, saya pernah keguguran di usia kehamilan 9 minggu. Saat ini saya sedang hamil usia 6 minggu. Kenapa ya seusai berhubungan dengan suami, saya keluar bercak darah? Normalkah?

Hani – Mojokerto

Jawab:

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Untuk kondisi kehamilan mbak Hani saat ini, hamil muda ( 6 minggu) , ada keluhan perdarahan pervaginam, dpt dikatakan sebagai suatu abortus iminens/ threatened abortion/ keguguran yang mengancam. Dimana Ditandai dengan perdarahan pervaginam, dan portio cerviks yg masih menutup pada kehamilan kurang dari 20 minggu.

Kdg juga disertai keluhan nyeri kram ringan yang mirip nyeri menstruasi/ nyeri pinggang bawah. Hal ini sering dijumpai hampir 20-25 persen wanita hamil muda, dan kurang lebih separuhnya akan mengalami abortus/ keguguran, dan separuhnya lagi bisa tetap bertahan, dan tumbuh sampai persalinan.

Dgn kondisi seperti mbak Hani ini, sebaiknya bedrest, tdk boleh capek2, tdk boleh berhubungan suami istri dulu, dan di berikan obat anti nyeri untuk menghilangkan kontraksi rahim, dan diberikan obat preparat progesteron ( golongan dihydrogesteron). Dan segera melakukan pemeriksaan USG, karena kondisi abortus iminens ini, kita berusaha melakukan perawatan konservatif dan berusaha mempertahankan kehamilan tersebut, kita evaluasi pertumbuhannya secara berkala. Dan berharap semoga kehamilan nya bisa dipertahankan sampai persalinan nanti. Aamiin.

dr. Indra Yulianti SpOG

Narasumber

Indra Yuliati, SpOG

Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan
RSIA Kendangsari MERR
Surabaya

About the Author :

START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH