START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

senam

Senam Hamil Yophitta untuk Penurunan Kecemasan dan Insomnia

(RSIA Kendangsari MERR, 14 Juni 2015).

Kehamilan dikaitkan dengan banyak perubahan psikologis dan fisiologis pada ibu.Perubahan hormonal akan mempengaruhi ibu hamil menjadi lebih sensitif dan berpengaruh terhadap psikologisnya. Perubahan fisiologis yang terjadi pada sistem tubuh, terutama sistem reproduksi akan berpengaruh terhadap adapatasi fisik ibu hamil. Perubahan fisiologis yang sering terjadi pada ibu hamil terutama saat memasuki trimester ketiga adalah gangguan tidur seperti insomnia

Berdasarkan suatu studi pendahuluan terhadap 24 ibu hamil trimester ketiga, didapatkan data bahwa ibu hamil di Surabaya yang memiliki keluhan insomnia ringan 16,67%, sedang 50% dan berat 33,33%. Dari 20 ibu hamil trimester ketiga di RSIA Kendangsari Surabaya, 50% diantaranya menyatakan mengalami insomnia sejak kehamilan trimester ketiga.

Insomnia cenderung memburuk selama kehamilan (Hertz dalam Silva, et al., 2005), hal tersebut dikarenakan nyeri punggung, peningkatan frekuensi berkemih, pertumbuhan dan pergerakan janin, pernapasan yang tidak adekuat serta posisi tubuh saat tidur. Gangguan tidur pada ibu hamil bisa saja terjadi pada trimester pertama hingga trimester ketiga kehamilan. Namun gangguan tidur tersebut semakin meningkat saat memasuki trimester ketiga

Menurut penelitian yang dilakukan Chang et al. (2011) yang dilakukan terhadap 214 ibu hamil menunjukkan bahwa durasi tidur selama kehamilan berpengaruh terhadap kesehatan mental ibu. Gangguan tidur prenatal dan kelelahan diprediksi menjadi penyebab persalinan lama, caesar serta kelahiran prematur.

Adanya ketidaknyamanan seperti:

  • Nyeri pinggang
  • Spontan bangun dari tidur
  • Gerakan janin
  • Peningkatan frekuensi kontraksi
  • Nyeri ulu hati (hurtburn)
  • Kram pada tungkai
  • Kelelahan

Senam hamil merupakan olahraga ringan yang diperuntukkan untuk ibu hamil yang juga merupakan salah satu perawatan antenatal berguna untuk mengurangi keluhan yang timbul selama kehamilan, mempersiapkan fisik dan psikis Ibu dalam menghadapi persalinan. Menjaga kondisi otot-otot dan persendian yang berperan dalam proses persalinan. Mempertinggi kesehatan fisik dan psikis serta kepercayaan diri sendiri dan penolong dalam menghadapi persalinan. Membimbing wanita menuju suatu persalinan yang fisiologis. Mengu­rangi stress selama kehamilan dan pada masa pasca melahirkan. Meningkatkan pertumbuhan janin dan plasenta pada trimester pertama dan kedua. Mengurangi insiden komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan seperti preeklampsia dan gestational diabetes. Memudahkan proses persalinan. Mengurangi sakit punggung selama trimester ketiga

Yophytta = Yoga + Pilates + Hypnobirthing + Tai Chi

Kesipulan

  • Senam yophytta yang dilakukan selama satu bulan secara signifikan dapat menurunkan level insomnia, kelelahan dan tekanan darah pada ibu hamil trimester ketiga.
  • Perpaduan dari senam hamil yoga, pilates, hypnobirthing dan tai chi menjadi kesatuan yang baik, karena menyatukan kelebihan dari masing-masing senam sebagai fasilitas latihan fisik, mental dan spiritiual bagi ibu hamil.
  • Senam yophytta menjadi salah satu pilihan bagi ibu hamil sebagai mekanisme koping dalam proses adaptasi dengan tujuan mencapai keseimbangan sistem tubuh yang sehat saat kehamilan sesuai dengan teori adaptasi Roy.

 

Prof-Budi-Santoso

 

Narasumber :

Prof. DR. dr. Budi Santoso, SpOG(K)
RSIA Kendangsari Surabaya
RSIA Kendangsari MERR Surabaya