START TYPING AND PRESS ENTER TO SEARCH

Nosebleed

Wajarkah sering mimisan ketika hamil ?

Assalamu’alaikum dokter.
Saya sedang hamil dan ini adalah kehamilan pertama saya. Namun selama kehamilan ini, saya sering mengalami mimisan. Wajarkah hal itu? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Puspita – Trunojoyo

Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kehamilan anak pertamanya. Keluhan mimisan atau dikenal dengan epistaksis di dalam dunia medis, merupakan perdarahan dari hidung akibat dari pecahnya pembuluh darah di hidung. Mimisan pada kehamilan, sering terjadi dikarenakan perubahan hormonal selama kehamilan. Penyebab mimisan pada ibu hamil karena selama hamil volume darah di dalam tubuh akan mengalami peningkatan dan juga terjadi dilatasi atau pembesaran pada pembuluh darah. Keadaan ini pada akhirnya akan menyebabkan membran mukosa dari hidung mengalami pembengkakan dan pembuluh darah menjadi lebih mudah pecah dan berdarah. Jangan mencoba memakai obat-obatan dekongestan dan semprotan hidung, beberapa diantaranya merupakan kombinasi dari beberapa obat dan tidak dianjurkan pemakaiannya selama kehamilan.

Cara mengatasinya, ibu bisa melakukan aktivitas penekanan di hidung selama beberapa menit sambil duduk atau bisa juga sambil menunduk, hindari posisi mendongak atau berbaring, karena akan membuat aliran darah balik ke tenggorokan, tertelan dan pada akhirnya akan menyebabkan mual atau muntah. Letakkan kompres dingin di bagian batang hidung, untuk membantu mengecilkan pembuluh darah dan untuk membantu menghentikan pengeluaran darah. Jika mimisan pada ibu hamil keluar dengan jumlah yang tidak banyak dan berhenti sendiri, maka ibu tidak perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Namun bila mimisan, tidak kunjung berhenti, dan darah yang keluar banyak, atau disertai keluhan lain semisal susah bernapas lewat hidung, tidur mendengkur, hidung tersumbat, mempunyai masalah penyakit alergi, maka lebih baik ibu segera memeriksakan diri ke dokter THT.

 

dr. Indra Yulianti SpOG

Narasumber

Indra Yuliati, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan
RSIA Kendangsari Merr
Surabaya